Langsung ke konten utama

Tugas kelas 7 minggu 2 April 2020

Assalamualikum, Wr, Wb

Haloo Anak - anak kelas 7 yang hebat dan kreatif, hari ini kita akan belajar membuat Game yang kita beri nama "Game Maze". Game ini mencertitakan bagaimana suati objek berusaha untuk mencari jalan keluar dari sebuah jalan yang berkelok - kelok, tentunya akan ada tantangnnya, nah salah satu tantangannya adalah jika objek tersebut mengenai dinding Maze maka harus kembali ke titik awal / Start dan nyawanya berkurang 1, Objek akan menang jika berhasil menemukan jalan keluar. Berikut video contohnya:

Satu hal yang penting dalam pembuatan Game Maze ini adalah adanya tampilan "LIFE" dipojok kiri atas. fungsinya adalah untuk informasi tentang nyawa dari objek yang akan melewati Maze tersebut. Nach untuk membuat tampilan itu block yang kita perlukan ada di Block program "DATA"...tapi tunggu dulu, ketika block program DATA kalian klik maka tidak muncul block program - block program seperti yang lainnya, tampilannya seperti ini


kita harus membuatnya terlebih dahulu dengan cara klik "Buat sebuah Variabel", kemudian di kolom atas kalian ketik Life / Nyawa , setelah itu OK / selesai.
sekarang kamu punya block program baru yang kalian buat sendiri di DATA. selanjutnya tinggal dipasang dech dengan yang lainnya.

Nach tertarik untuk membuatnya kan...
Sekarang tugas kalian adalah membuat Game Maze tersebut sesuai dengan kreasi kalian. Untuk memudahkan dalam penyusuan coding, Pak Faris berikan contoh coding yang bisa kalian tiru, teatpi PAk FAris Minta HARUS DI MODIFIKASI sehingga hasilnya akan berbeda dari contohnya.
Oh ya...Block Program yang akan dipakai diantaranya, " Kejadian:, " Gerakan ", "Data", "Kontrol","Sensor", dan "Suara"

untuk membantu kalian, Pak Faris sudah siapkan contoh block program game Maze. tugas kalian adalah MENIRU DAN MEMODIFIKASI, ingat HARUS DI MODIFIKASI agar tampilannya berbeda dengan yang aslinya. Berikut block coding keseluruhannya




Selamat mencoba dan berkreasi





Komentar

  1. Assalamu'alaikum pak, saya mau tanya, pak spriteku kok nggak bisa jalan pak?

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum pak, saya mau tanya, ini saya sudah meniru block coding data secara keseluruhan, tapi kok spritenya ga jalan ya pak?,saya tinggal memodifikasi pdhl pak. malah spritenya ga bisa jalan pak.

    BalasHapus
  3. PAK SAYA MOHAMMAD HAFRZ HARDIYOTO SUDAH MENGIRIM

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Game Bag. 2 " Menangkap Apel " dengan Scartch ( tanggal 8 s.d 14 Mei 2020 )

Bismillah, Assalamualaikum Wr, Wb Apa Kabar anak - anakku siswa kelas 7 yang Hebat dan cerdas, semoga tetep sehat dan tetep istiqomah menjalankan ibadah puasa tahun ini hingga tuntas. Setelah minggu lalu kita bersama - sama belajar membuat Game " Maze " di Scratch , kali ini kita akan belajar membuat game yang ke 2. Game ini berjudul " MENANGKAP APEL ". Seperti biasa dalam materi ini nanti pak Faris akan memberikan contoh Program/ Codingnya dan tugas kalian adalah ATM ( Amati, Tiru dan Modifikasi ) INGAT HARUS DI MODIFIKASI sehingga game yang kalian hasilkan bernilai kreatif dan inovatif. Eiittt....sebelum Pak Faris berikan contoh hasil dan codingnya Pak Faris akan berikan tips bagaiman menjadikan game yang sudah kalian buat di aplikasi Scratch dapat di putar di aplikasi pemutar Video alias game kalian dijadikan format Video. Berikut tahap - tahap konversinya : 1. PAstikan Game sudah jadi ( tidak ada yang tertinggal ) 2. klik menu "Berkas" 3. Pilih...

TUGAS SUDAH SELESAI / DITUTUP

Instruksi pengerjaan Analisalah soal dan jawabannya dengan tahapan sebagai berikut : Siapkan buku Parkarya kelas 9 yang kalian punya Downloadlah file soal dengan mengklik tombol download di bawah ini kerjakan dengan menggunakan program Ms, Word Analisalah soal dan jawabannya, dengan ketentuan : Apabila jawabannya betul, maka ketikan kata " BETUL" disamping tanda cek ( V ) warna hijau tersebut. Apabila jawabannya salah, maka ketika kata " SALAH "disamping tanda cek ( V ) warna hijau tersebut, kemudian berilah tanda cek ( V ) pada jawaban yang benar setelah selesai kirimkan hasilnya ( lembar soal yang sudah di analisa ) ke alamat email " itsmpih@gmail.com " dengan format nama pengirim " tugasol_nama_kelas_absen " contoh :tugasol_Siti_9H_18 UNTUK MEMASTIKAN KALIAN SUDAH MEMBACA DAN MENGERJAKAN TUGAS TERSEBUT, SETIAP SISWA DIWAJIBKAN MENULISKAN KATA "NAMA_SUDAH MEMBACA DAN MENGERJAKAN" DI KOLOM KOMENTAR YANG TERDAPAT DI BAWA...

Penugasan Online Pengolahan kelas 9E pertemuan ke 3

Bismillah,  Berikut tugas online untuk hari ini 1. Silahkan mengisi daftar presensi di link berikut : Presensi 2. Silahkan membaca materi buku paket Prakarya  Bab Pengolahan hal.123-128 3. Silahkan mengerjakan soal di link berikut :  Soal pertemuan ke 3 pengolahan