Langsung ke konten utama

Penugasan Online Rekayasa kelas 8 pert. 7

 Bismillah, 

 Berikut tugas online untuk minggu ini ( 24 - 28 Agustus 2020 )

 1. Silahkan melakukan absensi di link : Presensi pertemuan ke 7

 2. Silahkan baca dan pahami isi asrtikel di bawah ini!

 

Dampak Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 Menciptakan Kesempatan Baru bagi Indonesia

Dampak Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 Menciptakan Kesempatan Baru bagi Indonesia

Revolusi industri merupakan sebuah perubahan cara hidup manusia dan proses kerja secara fundamental, dimana adanya kemajuan teknologi informasi dapat mengintegrasikan dalam dunia kehidupan dengan digital yang dapat memberikan dampak disiplin ilmu. Munculnya revolusi industri 4.0 membut wajah baru dalam fase kemajuan teknologi. 
Pada revolusi industri 4.0, teknologi manufaktur sudah masuk pada tren otomasi dan pertukaran data. Hal tersebut mencakup sistem cyber-fisik, internet of things (IoT), komputasi awan, dan komputasi kognitif. Dengan lahirnya teknologi digital saat ini pada revolusi industri 4.0 berdampak terhadap kehidupan manusia diseluruh dunia.
Menurut Tjandrawinata (2016), perkembangan teknologi informasi dengan pesat saat ini terjadi otomotisasi yang terjadi diseluruh bidang, teknologi dan pendekatan baru yang menggabungkan secara nyata, digital dan secara fundamental. 
Revolusi industri 4.0 ini terdapat beberapa tantangan yang dihadapi yaitu kurangnya keterampilan yang memadai, masalah kemanan teknologi komunikasi, keandalan stabilitas mesin produksi, ketidak mampuan untuk berubah oleh pemangku kepentingan, serta banyaknya kehilangan pekerjaan karena berubah menjadi otomasi.
Teknologi ini berdampak positif tergantung bagaimana individu dalam meminimalisir resiko dan peluang yang muncul di transformasi revolusi industri 4.0 yang terjadi berbeda dengan apa yang dialami manusia sebelumnya.
Disisi lain, Negara Jepang menyatakan dunia ini akan memasuki era Society 5.0 atau masyarakat 5.0 dimana, masyarakat yang berpusat pada manusia (human-centered) yang dikembangkan oleh Jepang. 
Menurut Kantor Kabinet Jepang, Society 5.0 didefinisikan sebagai sebuah masyarakat yang berpusat pada manusia yang menyeimbangkan kemajuan ekonomi dengan penyelesaian masalah sosial melalui sistem yang sangat mengintegrasikan ruang maya dan ruan fisik. 
Revolusi industri 4.0 yang dinilai berpotensi dalam mendegradasi peran manusia membuat Jepang melahirkan sebuah konsep yaitu Society  5.0. Melalui konsep ini diharapkan membua kecerdasan buatan akan mentransformasi big data yang dikumpulkan melalui internet pada segala bidang kehidupan menjadi suatu kearifan yang baru, dengan harapan untuk meningkatkan kemampuan manusia dalam membuka peluang-peluang bagi manusia.
Perbandingan dari kedua konsep ini yaitu pada industri 4.0, masyarakat mencari, mengutip, dan menganalisis data atau informasi dengan mengakses layanan cloud melalui internet. 
Sedangkan, pada Society 5.0 sejumlah besar informasi dari sensor di ruang fisik terakumulasi di dunia maya dan dianalisis oleh kecerdasan buatan, dan hasilnya diumpan kembali ke manusia dalam ruang fisik dalam berbagai bentuk.
Sumber:
Hamdanunsera. (2018). Industri 4.0: Pengaruh Revolusi Industri Pada Kewirausahaan Demi Kemandirian Ekonomi. Jurnal Nusamba 3(2), 2-4
Budiman, A. (2019, February 11). Kolom pakar: Industri 4.0 vs Society 5.0.
Mayasari, D. (2019, January 24). Mengenal Society 5.0, Transformasi Kehidupan yang Dikembangkan Jepang. Retrieved April 2019, from m.timesindonesia.co.id: #!-_-

SUMBER:https://www.kompasiana.com/nadyarahma/5ce9fbeb3ba7f7658c7d5a23/dampak-revolusi-industri-4-0-dan-society-5-0-menciptakan-kesempatan-baru-bagi-indonesia?page=all 

SUMBER BLOG PENYEDIA ARTIKEL : http://www.smartcityindo.com/2019/10/dampak-revolusi-industri-40-dan-society.html

3. Setelah membaca artikel diatas silahkan lanjutkan dengan mengerjakan soal di link : Soal Rekayasa pertemuan ke 7

4. Selamat belajar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Game Bag. 2 " Menangkap Apel " dengan Scartch ( tanggal 8 s.d 14 Mei 2020 )

Bismillah, Assalamualaikum Wr, Wb Apa Kabar anak - anakku siswa kelas 7 yang Hebat dan cerdas, semoga tetep sehat dan tetep istiqomah menjalankan ibadah puasa tahun ini hingga tuntas. Setelah minggu lalu kita bersama - sama belajar membuat Game " Maze " di Scratch , kali ini kita akan belajar membuat game yang ke 2. Game ini berjudul " MENANGKAP APEL ". Seperti biasa dalam materi ini nanti pak Faris akan memberikan contoh Program/ Codingnya dan tugas kalian adalah ATM ( Amati, Tiru dan Modifikasi ) INGAT HARUS DI MODIFIKASI sehingga game yang kalian hasilkan bernilai kreatif dan inovatif. Eiittt....sebelum Pak Faris berikan contoh hasil dan codingnya Pak Faris akan berikan tips bagaiman menjadikan game yang sudah kalian buat di aplikasi Scratch dapat di putar di aplikasi pemutar Video alias game kalian dijadikan format Video. Berikut tahap - tahap konversinya : 1. PAstikan Game sudah jadi ( tidak ada yang tertinggal ) 2. klik menu "Berkas" 3. Pilih...

TUGAS SUDAH SELESAI / DITUTUP

Instruksi pengerjaan Analisalah soal dan jawabannya dengan tahapan sebagai berikut : Siapkan buku Parkarya kelas 9 yang kalian punya Downloadlah file soal dengan mengklik tombol download di bawah ini kerjakan dengan menggunakan program Ms, Word Analisalah soal dan jawabannya, dengan ketentuan : Apabila jawabannya betul, maka ketikan kata " BETUL" disamping tanda cek ( V ) warna hijau tersebut. Apabila jawabannya salah, maka ketika kata " SALAH "disamping tanda cek ( V ) warna hijau tersebut, kemudian berilah tanda cek ( V ) pada jawaban yang benar setelah selesai kirimkan hasilnya ( lembar soal yang sudah di analisa ) ke alamat email " itsmpih@gmail.com " dengan format nama pengirim " tugasol_nama_kelas_absen " contoh :tugasol_Siti_9H_18 UNTUK MEMASTIKAN KALIAN SUDAH MEMBACA DAN MENGERJAKAN TUGAS TERSEBUT, SETIAP SISWA DIWAJIBKAN MENULISKAN KATA "NAMA_SUDAH MEMBACA DAN MENGERJAKAN" DI KOLOM KOMENTAR YANG TERDAPAT DI BAWA...

Penugasan Online Pengolahan kelas 9E pertemuan ke 3

Bismillah,  Berikut tugas online untuk hari ini 1. Silahkan mengisi daftar presensi di link berikut : Presensi 2. Silahkan membaca materi buku paket Prakarya  Bab Pengolahan hal.123-128 3. Silahkan mengerjakan soal di link berikut :  Soal pertemuan ke 3 pengolahan